Kegiatan Visiting Professor Dosen Departemen Pendidikan Seni Rupa FBSB UNY di National Yunlin University of Science and Technology Taiwan

Keterangan Sumber Foto: 
Seni Rupa FBSB UNY

Dosen Program Studi Pendidikan Kriya dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan kegiatan visiting professor di National Yunlin University of Science and Technology (YunTech), Taiwan, dari 5 hingga 7 Juni 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan jejaring kerjasama internasional dan staff mobility.

Kegiatan dimulai pada 6 Juni 2024 dengan pembukaan dan sambutan dari pihak YunTech, diikuti oleh tur kampus yang dipandu oleh Ibu Kharisma Creativani, M.Ds. Pada sesi sore, Dr. Dwi Retno Sri Ambarwati, S.Sn., M.Sn., dan tim yqang terdiri atas Prof. Dr. I Wayan Suardana, M.Sn., Dr. Zulfi Hendri, S.Pd., M.Sn., Aida Roihana Zuhro, S.Pd., M.Pd., dan Alifia Zahra Khoirunnisa, S.Pd., M.Pd.memberikan paparan teori mengenai pembuatan batik tradisional Indonesia, mencakup proses pembuatan dan filosofi Jawa yang terkandung di dalamnya, serta batik kontemporer.

Pada hari kedua, 7 Juni 2024, sesi praktikal dimulai pukul 08.30 di gedung IDEA Factory YunTech. Ibu Retno memimpin peserta melalui tahapan praktikal pembuatan batik, mulai dari pembuatan pola, mencanting, pewarnaan, hingga pelorodan. Peserta berhasil menghasilkan produk batik berupa sapu tangan berukuran 30x30 cm.

Selama pelaksanaan, beberapa hambatan seperti keterbatasan waktu, sarana dan prasarana, serta perbedaan bahasa antara peserta dan pengajar dapat diatasi melalui strategi yang efisien. Materi difokuskan pada aspek-aspek paling penting dan disampaikan dengan metode yang interaktif. Penggunaan peralatan yang ada dioptimalkan dengan menyiapkan alat-alat alternatif.

Lebih dari 50 mahasiswa College of Design berpartisipasi dengan penuh antusias dalam kegiatan ini  berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan berkat kerjasama yang baik antara semua pihak yang terlibat serta strategi pelaksanaan yang tepat. Kegiatan ini berhasil memperkenalkan dan mengajarkan batik tradisional Indonesia di tingkat internasional, meningkatkan jejaring dan kemampuan mengajar, serta memberikan kontribusi positif terhadap pemeringkatan Program Studi Pendidikan Seni Rupa di kancah internasional.(Humas FBSB UNY)