Kuliah Key Issues in English Language Teaching (ELT) and Linguistics bersama Dr. Raqib Chowdhury dari Monash University

.Program studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris berkesempatan untuk menghadirkan Dr. Raqib Chowdhury yang berasal dari Faculty of Education, Monash University. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari yakni pada tanggal 18, 19, 20, dan 25 September 2019. Kegiatan ini membekali para mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris tentang Key Issues in English Language Teaching (ELT) and Linguistics yang merupakan mata kuliah baru. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong mahasiswa untuk melakukan penelitian dengan isu hangat yang sedang terjadi.
Pada hari pertama, Dr. Raqib menyampaikan materi yang berjudul Problematising “Critically” in the Social Science yang mencakup pengetahuan dasar tentang penelitian dan berpikir kritis terhadap permasalahan yang terjadi. Pada hari kedua, Dr. Raqib menyampaikan materi tentang “Hot Topics in ELT”: Emerging Areas of Interest and Current Directions in ELT/TESOL Research. Pada kesempatan ini para mahasiswa diarahkan kekritisannya tentang isu-isu yang sedang berkembang. Cukup banyak mahasiwa yang tertarik dengan topik yang disampaikan oleh Dr. Raqib antara lain CLIL (Content and Language, Integrated Learning), EMI (English as Media in Instruction), dan Teaching English Across Curriculum (Crowded Curriculum). Selain topik tersebut, Dr. Raqib juga membahas tentang isu-isu lain yang dapat dijadikan topik penelitian yaitu social justice, inclusive education, differentiation/differentiated instruction in EFL classes, “Flipped” learning models, promotion of active learning, promotion of learner-centred approach, action research, CLIL/CLBI, eclecticism, code switching and translanguaging, e-learning, and teachers as lifelong learners (Continuing Professional Development).
Pada pertemuan selanjutnya Dr. Raqib menjelaskan materi tentang Writing an Article for Academic Journals: Content & Structure. Materi tersebut sangatlah penting bagi mahasiswa agar memiliki fondasi dalam penulisan artikel ilmiah. Beliau menjelaskan tentang fungsi, tujuan, dan bagian-bagian yang terdapat dalam artikel ilmiah. Selain itu, beliau juga memberi penjelasan tentang hal-hal yang sering membingungkan bagi mahasiswa dalam penulisan artikel ilmiah. Melalui penjelasan yang disampaikan Dr. Raqib, mahasiswa menjadi lebih memahami tentang seluk beluk penulisan artikel ilmiah dan termotivasi untuk melakukan penelitian yang ditandai dengan cukup banyaknya mahasiswa yang berkonsultasi dengan Dr. Raqib terkait dengan topik penelitian yang telah mahasiswa pilih. Pada pertemuan terakhir, Dr. Raqib menjelaskan tentang Topical Suggestions: Exploring Key Issues in Linguistics and ELT yang merupakan topik pilihan dari mahasiswa. Pada kesempatan ini terjadi diskusi yang cukup menarik berkaitan dengan permasalahan yang terjadi di dalam kelas saat pembelajaran bahasa Inggris. Melalui penjelasannya yang singkat dan jelas, mahasiswa dapat melihat dari berbagai sudut pandang mengenai permasalahan yang terjadi beserta solusi yang memungkinkan untuk dipilih.
Melalui perkuliahan yang disampaikan Dr. Raqib selama empat hari tersebut, para mahasiswa mendapat banyak pengetahuan, pemahaman, pandangan, inspirasi, dan motivasi yang sangat bermanfaat dan berharga untuk kedepannya. Semoga ada kesempatan untuk bisa menimba ilmu lagi bersama Dr. Raqib diwaktu mendatang.