Apresiasi Dosen Seni Rupa UNY dalam Pagelaran Karya P5 di SMAN 3 Yogyakarta

Keterangan Sumber Foto: 
Departemen Seni Rupa

Yogyakarta, 15 Agustus 2024 — SMA Negeri 3 Yogyakarta kembali menunjukkan kreativitas dan semangat kolaboratifnya melalui pagelaran karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang diselenggarakan pada Kamis, 15 Agustus 2024. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi khusus dari dosen Departemen Seni Rupa, yang hadir untuk memberikan dukungan dan pengakuan terhadap hasil karya para siswa-siswi.

Pagelaran yang mengusung tema kearifan lokal ini merupakan perpaduan antara dua kegiatan besar: gelar karya P5 dan Pagelaran. Di dalamnya, ditampilkan beragam bentuk seni dan kreativitas seperti seni teater, seni musik, seni rupa, seni tari, teknologi informasi, fashion, hingga tata boga. Seluruh rangkaian acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Bapak/Ibu guru dan divisi acara, serta menjadi event pertama yang dipersembahkan oleh siswa-siswi kelas X.

Pemilihan tema kearifan lokal didasarkan pada fenomena tergantikannya "dolanan anak tradisional" oleh game online. Permainan tradisional seperti dakon dan gobag sodor, yang dahulu menjadi sarana kebersamaan dan penanaman nilai-nilai moral serta budaya, kini telah menjadi sesuatu yang asing bagi anak-anak masa kini. Oleh karena itu, siswa-siswi SMAN 3 Yogyakarta berinisiatif mengemas dolanan anak dalam bentuk seni teater serta berbagai konsep kreatif lainnya yang diharapkan dapat memperkenalkan kembali kekayaan budaya ini kepada masyarakat luas.

Pagelaran ini tidak hanya menjadi ajang untuk menampilkan hasil karya, tetapi juga sebagai upaya untuk melestarikan dan menghidupkan kembali nilai-nilai budaya yang semakin terlupakan di era digital ini. Melalui kegiatan ini, SMAN 3 Yogyakarta berharap dapat menginspirasi lebih banyak generasi muda untuk menghargai dan menjaga warisan budaya bangsa.