Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Gelar Sosialisasi Kurikulum Terbaru dalam Rangka Penguatan Relevansi dan Mutu Akademik

Keterangan Foto: 
Sosialisasi Kurikulum S2 PBI UNY

Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan memperkuat relevansi kurikulum terhadap kebutuhan zaman, Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan kegiatan Sosialisasi Kurikulum Terbaru Tahun Akademik 2025/2026. Kegiatan ini diselenggarakan pada 4 Juli 2025 secara daring melalui aplikasi Zoom meeting dan dihadiri oleh dosen, mahasiswa aktif, serta para pemangku kepentingan akademik lainnya.

Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari proses evaluasi kurikulum yang dilakukan secara berkala oleh program studi, sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), serta standar nasional pendidikan tinggi. Ketua Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Dr. Lusi Nurhayati, S.Pd., M.App.Ling. (TESOL), menyampaikan bahwa kurikulum terbaru ini dirancang untuk merespons dinamika global dalam bidang pendidikan bahasa, perkembangan teknologi pembelajaran, serta kebutuhan lulusan yang kompeten secara akademik dan profesional.

Dalam sesi pemaparan, beliau menjelaskan sejumlah pembaruan substansial, di antaranya integrasi mata kuliah berbasis proyek riset, penguatan aspek pedagogi reflektif, penerapan pendekatan transdisipliner, serta perluasan capaian pembelajaran lulusan (CPL) yang berorientasi pada soft skills dan global outlook.

Mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini turut memberikan masukan kritis dan apresiatif terhadap kurikulum baru yang dinilai lebih fleksibel dan kontekstual. Beberapa dosen senior juga memberikan pandangan strategis terkait implementasi kurikulum ini di lapangan, khususnya dalam hal supervisi tesis dan kolaborasi riset lintas bidang.

Sebagai penutup, kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam memperkuat kolaborasi akademik antara dosen dan mahasiswa, serta membangun ekosistem pembelajaran yang inovatif, inklusif, dan berkelanjutan di lingkungan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris.