You are here
Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNY Gelar Pengabdian Masyarakat di SMA N 2 Playen

Gunungkidul, 29 Juli 2025 — Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertempat di SMA Negeri 2 Playen, Gunungkidul. Kegiatan ini melibatkan guru-guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris jenjang SMA se-Kabupaten Gunungkidul.
Workshop bertajuk "Merancang Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Deep Learning dan E-Portfolio" ini dilaksanakan pada hari Selasa, 29 Juli 2025, dengan tujuan meningkatkan kapasitas guru dalam menerapkan strategi pembelajaran inovatif dan berbasis teknologi.
Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Playen, Bapak Muh. Taufiq Salyono, S.Pd., M.Pd.Si, yang menyampaikan apresiasi atas kemitraan antara sekolah dan perguruan tinggi dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan. Sementara itu, Prof. Nur Hidayanto P.S.P., M.Pd., Ph.D, selaku Ketua Tim Pengabdi, memberikan sambutan yang menekankan pentingnya kolaborasi dan penguatan praktik reflektif dalam pengajaran Bahasa Inggris.
Workshop ini menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Dr. Rozanah Katrina Herda, M.Pd. dan Dr. Laily Amin Fajariyah, M.Pd., yang menyampaikan materi secara mendalam mengenai pendekatan deep learning dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris, serta strategi pengembangan e-portfolio sebagai media asesmen autentik dan peningkatan motivasi belajar siswa.
Para peserta, yang terdiri dari guru-guru MGMP Bahasa Inggris se-Gunungkidul, mengikuti sesi dengan antusias. Diskusi interaktif dan praktik perancangan perangkat ajar berbasis teknologi menjadi bagian penting dari pelatihan ini.
Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen UNY dalam mendukung penguatan pendidikan daerah melalui kontribusi nyata dan sinergis antara dunia akademik dan praktisi pendidikan.
Sistem Informasi
Kontak Kami
S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Gedung Kuliah I (GK I) FBS UNY
Kampus Karangmalang, Yogyakarta, 55281
Copyright © 2025,